Konsep Dasar Multimedia


Dari kata 'Multimedia' sendiri sebenarnya memiliki dua arti, yaitu kata 'multi' dan 'media'. 'Multi' berarti banyak atau sejumlah. Secara singkat, multimedia adalah sejumlah media yang digunakan untuk mengkomunikasikan sesuatu dengan lebih terstruktur dan konkrit. Secara definisi, multimedia merupakan gabungan antara teks, grafis, animasi, audio dan video. Komputer yang dapat menggunakan dan atau menampilkan kelima gabungan itu disebut sebagai komputer multimedia. Namun jika multimedia tersebut memiliki interaksi dengan pengguna, maka disebut sebagai multimedia interaktif.
Dengan kata lain, multimedia tidak harus bersifat interaktif untuk disebut sebagai multimedia. Contohnya seperti televisi. Pengguna dapat menyaksikan multimedia yang disalurkan melalui media televisi dan itu disebut sebagai multimedia meskipun alur komunikasi hanya satu arah.
Multimedia sudah menjadi bagian yang terpenting dalam dunia digital. Pada tahun 1960, 1970, dan 1980 komputer hanya dapat digunakan untuk teks dan angka. Tetapi semenjak itu, multimedia mulai berkembang secara cepat dan menjadi bagian yang sangat menentukan efektivitas penyampaian sesuatu. Hingga saat ini multimedia dapat ditemukan di mana saja. Dapat ditemukan di bidang edukasi, periklanan, pefilman, fashion, dan masih banyak lagi.
Video dibawah ini diambil dari Youtube yang memberi gambaran mengenai berbagai jenis multimedia yang ada.
Itu adalah sebagian penjelasan mengenai multimedia beserta dengan konsep dasarnya. Terima Kasih.
Sumber :
http://www.nos.org/htm/it3.htm
http://chievan.blogspot.com/2010/04/konsep-dasar-multimedia.html

No comments:

Post a Comment